Bermotif Jual Beli Online Ibu Rumah Tangga Tipu Korbannya Hingga Ratusan Juta

  • Whatsapp

Bangkalan, seputarindonesia.co.id- Kasus penipuan yang terjadi pada 19 Maret 2021 silam di Kabupatrn Bangkalan, Maudura, Jawa Timur, kini terungkap pada hari l, Kamis (28/10/2021).

Kepolisian Resor Bangkalan membeberkan identitas pelaku yaitu GM (28) merupakan Ibu Rumah yang merupakan warga kelurahan Kraton, Kecamatan Bangkalan.

Kapolres Bangkalan AKBP Alith Alarino mengungkapkan, bermotif jual beli online dengan melakukan transaksi menggunakan jejaring sosial media WhatsApp (WA), Timsus Satreskrim Polres Bangkalan akhirnya membekuk GM (28) .

GM dibekuk setelah di laporkan oleh AM (24) warga Jl. KH. Hasyim Asyari, Kelurahan Demangan, Kab. Bangkalan.

Baca Juga :  Sambut Hari Dharma Karya Dhika, Lapas Pamekasan gelar Upacara Tabur Bunga di Taman Makam Pahlawan

Dalam konfrensi pers yang di gelar AKBP Alith membeberkan jika kasus ini bermula ketika pada 19 Maret 2021 sekitar pukul 17.00 WIB, pelapor yang berinisial AM memesan 970 kardus sembako jenis minyak goreng merk Sunco kepada tersangka yakni GM melalui WA dan dijanjikan akan dikirimkan pada 02 April 2021.

“AM pun melakukan transaksi pembayaran sebanyak 4 kali kepada pelaku. Namun nahas, hingga 08 April 2021 GM belum mengirimkan satu kardus pun kepada pemesan,” terangnya.

GM di tangkap setelah ada laporan dari AM bahwa dirinya memesan minyak sebanyak 970 kardus kepada GM dan dijanjikan akan segera dikirim dalam jangka waktu dua minggu.

Baca Juga :  Peringati Hari Santri Nasional, Polresta Malang Kota Bagi-bagi Sembako ke Ponpes di Wilayah Kota Malang

“Pelaku juga menuturkan jika minyak goreng Sunco yang dijual nya harganya sangat murah. Ini yang membuat AM tertarik dan melakukan transfer 4x kepada pelaku hingga Rp 140.650.000,” ujar AKBP Alith.

Sementara itu, korban kedua juga mengalami kerugian mencapai puluhan juta rupiah karena termakan modus pelaku yang menjanjikan Minyak Goreng kualitas bagus dengan harga miring.

“Korban kedua juha mengalami hal serupa. Pelaku menjanjikan minyak goreng Sunco yang dijual nya dengan harga miring dan kerugian akibat ditipu GM mencapai Rp 66.150.000,” papar Kapolres Bangkalan tersebut.

Baca Juga :  Ribuan Anak Yatim Piatu Korban Covid-19 di Jawa Timur Dapat Jaminan Kesehatan

Sekarang kasus ini di lakukan penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui apakah ada tersangka lain yang terlibat dan juga korban lain hasil perbuatan pelaku.

“Kami akan terus mendalami kasus ini. Sementara ini korban masih dua dan total kerugian dari dua korban mencapai Rp 206.800.000,” tegasnya.

Saat ini pelaku kami tahan di Rutan Mapolres dan merupakan Ibu Rumah Tangga (IRT). GM kami jerat dengan pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman pidana 4 tahun penjara.

banner 300x250

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *