Gubernur Jateng Minta Daereh Siapkan Pemakaman Khusus Covid-19

  • Whatsapp
Gubernur Jateng Minta Daereh Siapkan Pemakaman Khusus Covid-19
Gubernur Jateng Minta Daereh Siapkan Pemakaman Khusus Covid-19 (Ist)

Semarang, seputarindonesia.co.id – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengintruksikan seluruh Bupati dan Wali Kota di wilayah Jawa Tengah agar menyediakan tanah pemakaman khusus bagi jenazah Covid-19.

Instruksi ini tertuang dalam Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 443.5/0007521, pada 17 April 2020.

Bacaan Lainnya

Hal tersebut dimaksudkan sebagai langkah antisipasi agar penolakan pemakaman jenazah pasien Covid-19 tidak terulang kembali.

“Perlu ketersediaan lahan untuk jenazah korban akibat Covid-19, termasuk tenaga kesehatan yang meninggal dunia,” tulis Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam surat edaran sebagaimana dilansir Kompas.com, Minggu (19/4/2020).

Dalam surat tersebut, Ganjar mendesak bupati/ wali kota untuk mengambil langkah strategis dengan menyediakan tanah pemakaman dengan mempertimbangkan kondisi mendesak. Penyediaan lahan pemakaman ini dengan mengoptimalkan penggunaan aset tanah milik pemerintah kabupaten/ kota dan disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

“Hal tersebut agar tidak terulang kembali timbulnya kekhawatiran warga masyarakat terhadap penularan Covid-19 yang berujung pada penolakan pemakaman jenazah korban virus dimaksud,” kata Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga meminta agar setiap bupati/wali kota di wilayahnya melaporkan perkembangan pengadaan tanah pemakaman khusus bagi jenazah yang terkait Covid-19. (red)

Sumber : Kompas.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *